Minggu, 24 Maret 2019

Narada, Patih Suralaya

Bathara Narada

Sang Hyang Kanekaputra atau Maharesi Kanekaputra atau yang lebih dikenal dengan Bathara Narada adalah patih dari Suralaya. Bathara Narada adalah seorang yang cerdas, tajam hatinya, dan ramah sehingga disukai banyak dewa termasuk penduduk Ngarcapada atau penduduk dunia. Dia merupakan putra dari Sang Hyang Caturkaneka, cucu dari Sang Hyang Darmajaka yaitu putra pertama Sang Hyang Nurrasa sekaligus kakak Sang Hyang Wenang.

Dikisahkan pada suatu hari Kahyangan Suralaya digegerkan dengan hawa panas yang setelah ditelusuri ternyata berasal dari seorang pria yang sangat tampan yang sedang bertapa di atas samudera sambil membawa Cupu Linggamanik. Bathara Guru segera mengutus putra-putranya yaitu Sambo, Brama, Indra, Bayu, dan Wisnu untuk membangunkan petapa itu dan bertanya apa tujuan ia bertapa.

Sesampainya di tempat, Sambo membangunkan petapa itu dan bertanya siapa nama dan apa tujuannya bertapa. Petapa itu menjawab bahwa namanya adalah Maharesi Kanekaputra dan tujuannya bertapa adalah ingin menjadi raja Tribuana yang berkuasa di Suralaya. Sontak jawaban itu membuat dewa-dewa itu tertawa kecuali Wisnu, karena hatinya yang tajam dia tahu bahwa orang itu bukanlah orang biasa. Karena jengkel, Kanekaputra lalu mengeluarkan suatu ajian yang menyebabkan dewa-dewa itu terpental jauh kecuali Wisnu. Wisnu lalu pamit dengan sopan lalu pergi mencari kakak-kakaknya dan kembali ke Suralaya.

Di Suralaya, Bathara Guru yang mendengar laporan putra-putranya merasa panas hatinya, dia lalu turun ke dunia dan menantang Maharesi Kanekaputra untuk adu kesaktian. Pertarungan pun terjadi dengan sengit, Bathara Guru yang mulai kewalahan dan jengkel karena tingkah laku Kanekaputra sehingga langsung mengeluarkan Aji Kemayan dan membuat penampilan Kanekaputra menjadi pendek, bulat, seperti badut, dan selalu mendongak. Bathara Guru lalu mendekatinya dan bertanya tentang asal-usulnya. Setelah diceritakan ternyata Maharesi Kanekaputra adalah sepupunya sendiri. Bathara Guru memanggilnya kakanda dan memberinya kedudukan sebagai patih di Suralaya. Maharesi Kanekaputra lalu menjuluki dirinya Bathara Narada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar