Minggu, 24 Maret 2019

Umayi Lair (Manikmaya Rabi)

Bathari Uma

Dewi Umayi atau yang lebih dikenal dengan Dewi Uma adalah putri seorang saudagar kaya bernama Umaran dari Merut dengan seorang istri bernama Dewi Nurweni putri dari Prabu Nurangin, seorang raja jin di Kalingga. Dewi Uma memiliki seorang saudara bernama Dewi Umaranti. Ketika lahir, Dewi Uma berwujud bayangan dalam cahaya yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Ayahnya lalu meminta pertolongan kepada Sang Hyang Manikmaya. Karena kesatiannya bayangan bisa ditangkap dan berubah wujud menjadi sesosok bayi berkelamin ganda, lalu diruwat menjadi wanita sempurna. Untuk berterima kasih, Umaran memberikan kedua putrinya kepada Manikmaya untuk dijadikan istri. Dewi Uma sebagai istri pertama dan Dewi Umaranti sebagai istri kedua.

Karena menjadi permaisuri Manikmaya, Dewi Uma diberi gelar Bathari Uma dan menjadi bidadari utama di kahyangan mengimbangi suaminya yang menjadi dewanya para dewa yang bergelar Bathara Guru (karena kahyangannya terletak di Gunung Tengguru). Dari Bathari Uma, Bathara Guru memiliki enam putra yaitu Bathara Sambo, Bathara Brama, Bathara Indra, Bathara Bayu, Bathara Wisnu, dan Bathara Kala.

Alkisah suatu ketika Bathara Guru dan Bathari Uma berkeliling dunia menaiki Lembu Andhini. Karena terpesona melihat kecantikan istrinya, timbullah nafsu syahwat dalam hati Bathara Guru. Bathari Uma yang mengetahui itu langsung menolak ajakan suaminya dengan alasan untuk malu kepada Lembu Andhini dan untuk menjaga kehormatan dirinya dan suaminya. Bathara Guru yang sudah dikuasai nafsu syahwat sedikit memaksa istrinya yang mengakibatkan istrinya bersabda "Kakanda ini seperti raksasa yang selalu mengumbar nafsu, bedanya kakanda tidak punya taring." seketika muncullah taring dari gigi Bathara Guru. Karena nafsunya yang menggebu, kama (mani) Bathara Guru pun menetes ke lautan dan menyebabkan airnya mendidih.

Sesampainya di Kahyangan Jonggringsalaka dia menyabda istrinya seperti raksasa karena menolak permintaan suaminya. Seketika sukma Bathari Uma bertukar dengan sukma Dewi Pramuni yang berwujud raksasa. Bathari Uma yang sekarang memiliki raga raksasa lalu diberi nama Bathari Durga dan dititahkan bersemayam di Kahyangan Setragandamayit dan bertugas untuk memberi kekuatan jahat bagi siapapun yang menyembahnya. Lalu Dewi Pramuni yang memiliki raga Bathari Uma diberi nama Dewi Umayi.
Bathari Durga

Dikisahkan lautan yang mendidih karena terkena tetesan kama Bathara Guru ditunggu oleh Bathara Brama dan Bathara Wisnu atas perintah Bathara Guru. Lama kelamaan lautan semakin mendidih dan menjadi bola api. Bola api lalu berubaha wujud menjadi sesosok raksasa mengamuk dan menghancurkan apa saja yang ada di sekitarnya yang kelak raksasa itu menjadi Bathara Kala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar